Hari ini, ragam produk pelokalan dapat ditemukan nyaris di seluruh aspek kehidupan, dari antarmuka gim hingga situs jual-beli daring, konten web, layanan platform streaming, buku garansi, hingga manual produk dan jasa.
Fakta ini tidaklah mengejutkan jika menilik laporan Common Sense Advisory, yang menyebutkan bahwa 75 persen konsumen mengaku cenderung membeli barang dan jasa yang konten dan informasi produknya menggunakan bahasa lokal mereka.
Hal ini menimbulkan kesadaran baru bagi pelaku bisnis yang ingin menjangkau audiens global: mereka wajib mempertimbangkan pelokalan konten dan informasi produk/jasa untuk memperluas konsumen sasaran, meningkatkan profit, dan memajukan perusahaan.
Contoh pelokalan dalam keseharian
Proses pelokalan memungkinkan rangkaian informasi yang sama dipahami oleh warga negara berbeda dengan bahasa yang berbeda, identitas visual berbeda, preferensi berbeda, hingga karakter numerik berbeda sesuai bahasa lokal masing-masing.
Dalam praktiknya, pelokalan mengadaptasi bahasa tekstual menjadi seakrab dan seasli mungkin dengan bahasa setempat, lengkap dengan konteks budaya dan bahasanya. Diksi, dialek, persyaratan hukum, mata uang, aspek visual, format penulisan hari dan tanggal, hingga preferensi budaya bahasa asal harus diadaptasi sesuai bahasa lokal tujuan.
Sederhananya, pelokalan menyajikan bahasa, tampilan, dan nuansa sesuai harapan audiens sasaran. Agar lebih mudah memahaminya, berikut kami sajikan dua contoh pelokalan dalam keseharian:
AirBnB
Bagi kamu yang gemar melakukan perjalanan lintas daerah, lintas negara, pasti tidak asing dengan situs akomodasi penginapan, AirBnB. Platform ini merupakan contoh pelokalan yang berhasil memberikan sentuhan personal bagi pengguna layanannya.
Hadir di 220 negara, AirBnB memberikan alternatif tempat penginapan yang kental dengan unsur eksotisme syarat lokalitas.
Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi jutaan pelanggan yang menghendaki tempat penginapan seru dan otentik, alih-alih bermalam di hotel berbintang.
Selain menawarkan harga yang lebih murah, umumnya penginapan yang bekerja sama dengan AirBnB menawarkan tempat bermalam yang memungkinkan kamu liburan layaknya di rumah sendiri.
Tidak hanya bekerja sama dengan penginapan yang sanggup menghadirkan perasaan hangat dan akrab bagi penggunanya, AirBnB juga melokalkan seluruh konten, termasuk informasi informasi pendaftaran hingga ulasan konsumen di situsnya dalam 62 bahasa berbeda.
Bahkan, kamu dapat menyimak panduan aktivitas dan tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi di setiap daerah.
Netflix
Salah satu faktor yang membuat platform streaming, Netflix sukses merambah banyak negara adalah upaya mereka dalam melokalkan tidak hanya konten antarmuka aplikasinya, tetapi juga rekomendasi film, serial, dokumenter yang bekerja sama dengan insan film setempat.
Bahkan lebih jauh, Netflix menghadirkan layanan takarir dan sulih suara setiap konten untuk masing-masing negara.
Paket pelokalan itulah yang membuat Netflix akrab bagi banyak penggunanya. Mereka memproduksi film, serial dan dokumenter orisinil yang dilokalkan, yang tidak hanya menarik simpati pengguna di negara setempat, tetapi juga mengundang penasaran pengguna di negara lain.
Sacred Games, salah satu serial terpopuler di India misalnya, mendapat respon positif dari jutaan pengguna Netflix di seluruh dunia. Padahal, serial tersebut berlatar di Mumbai, dengan referensi budaya India yang kental dan sebagian besar dialognya menggunakan Bahasa Hindi.
Contoh paling dekat bagaimana proyek pelokalan Netflix berhasil menyasar audiens di luar negara produsen serial lainnya adalah drama asal Korea Selatan, Start-Up yang begitu digandrungi pengguna Netflix di Indonesia.
Memetik manfaat pelokalan
Dari contoh kasus AirBnB dan Netflix di atas, sudah mengerti bukan, betapa besarnya dampak pelokalan bagi sebuah produk/jasa?
Bagi kamu pelaku bisnis yang hendak menjangkau audiens global, meningkatkan profit, dan memajukan perusahaan, sangatlah relevan menjadikan pelokalan sebagai salah satu aspek terpenting dalam strategi marketing kamu.
Nah, tunggu apalagi, segera pesan layanan pelokalan di penyedia jasa terdekat ya.