Pedoman Brand Translexi

Di Translexi, kami percaya bahwa kualitas adalah prasyarat, bukan tujuan akhir. Kualitas harus jadi pijakan dasar untuk membangun nilai-nilai lain, misalnya: penghargaan terhadap manusia, manajemen sumber daya, dan konsultan bahasa.

Translexi merupakan sebuah brand yang terdaftar di bawah payung entitas legal PT Solusi Bahasa Internasional. Perseroan ini didirikan pada tahun 2018 dan beralamat di Kota Yogyakarta. PT Solusi Bahasa Internasional, sesuai namanya, dibangun dengan semangat menyediakan solusi bagi kebutuhan terkait bahasa, khususnya penerjemahan.

Berikut adalah elemen-elemen untuk mendukung penggambaran brand Translexi yang tepat:

Identitas

Visi

Menjadi perusahaan alih bahasa pilihan utama bagi konsumen di Indonesia.

Misi

Menjadi perusahaan alih bahasa yang terpercaya, terjamin mutunya, tarif sesuai, ramah, efisien dan efektif.

Karakter

Perusahaan alih bahasa profesional dengan pengalaman lebih dari satu dekade yang beorientasi pada ekspektasi pelanggan di berbagai bidang, dalam dan luar negeri.

Nilai

Terpercaya
Mutu terjamin
Tarif sesuai
Efisien & efektif
Ramah

Look & Feel

Bersih
Minimalis
Otoritatif

Target Pelanggan
B2B

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Agensi Terjemahan (LSP), bisnis/perusahaan, instansi pendidikan, pemerintahan dan organisasi nirlaba yang membutuhkan mitra/vendor penerjemah.

B2C

Perorangan yang membutuhkan jasa terjemahan di bidang akademik, legal dan terjemahan umum.

Logo

Variasi

.png
.svg
.webp
.eps
.zip

Warna

Biru (#2872FA) adalah simbol kepercayaan, loyalitas, tanggung jawab, ketenangan dan keamanan. Warna ini digunakan untuk ikon logo dan sebagai aksen warna utama di seluruh kebutuhan desain Translexi. Arti dari warna ini diperkuat lagi dengan warna biru tua (#04194E) untuk menekankan bahwa Translexi sudah berpengalaman di kelima hal tersebut. Kedua warna ini sebaiknya selalu diletakkan pada latar warna putih kebiruan (#F8FBFF) atau putih polos (#FFFFFF) agar terlihat bersih; selaras dengan identitas brand. Harapannya, paduan semua warna ini dapat lebih memperkuat kesan otoritatif Translexi.

Primer

Warna utama turunan dari logo.

Links, ikon utama, ilustrasi
#2872FA
RGB: (40, 114, 250)

Headings
#04194E
RGB: (4, 25, 78)

Sekunder

Warna untuk teks, latar, ikon tambahan, dll.

Latar
#F8FBFF/#FFFFFF
RGB: (248, 251, 265)

Teks/paragraf
#3A4F66
RGB: (4, 25, 78)

Ikon/latar
#37507E
RGB: (4, 25, 78)

Footer
#19243D
RGB: (40, 114, 250)

Variasi latar
#ECF1FA
RGB: (4, 25, 78)

Tersier

Warna ini hanya digunakan di elemen desain yang memerlukan interaksi seperti hovers, gradasi, touches, clicks, dll.

Versi gelap dari #2872FA
#1559ED
RGB: (40, 114, 250)

Versi terang dari #19243D
#203352
RGB: (4, 25, 78)

Tipografi

Situs Web & Dokumen

Panduan tipografi ini digunakan untuk konten pada situs web dan dokumen resmi pada umumnya; surat, dokumen legal, dll. Translexi menggunakan tiga jenis font: Inter, Open Sans dan PT Sans. Font utama adalah Inter dan Open Sans. Sedangkan PT Sans, yang merupakan font turunan dari logo, hanya digunakan sebagai alternatif teks informal. Dalam penggunannya, diharuskan untuk menggunakan maksimal 2 jenis font saja, dan mengacu pada proporsi ukuran dan gaya yang sudah ditetapkan di bawah ini.

Sebagai catatan, ukuran dapat bersifat fleksibel; proporsinya dapat disesuaikan dengan ukuran media atau dokumen yang digunakan, contoh: proporsi ukuran secara umum menjadi lebih kecil jika digunakan untuk situs web versi seluler atau untuk dicetak pada dokumen berukuran kecil.

web Typface

Inter

H1 – 40px / Bold 700

Main Heading

H2 – 35px / Regular

Sub Heading

H3- 30px / Bold 700

Sub Heading

H4- 25px / Bold 700

Sub Heading

H5- 20px / Bold 700

Sub Heading

H6- 16px / Bold 700

Sub Heading

Paragraf – 16px / Regular

Di Translexi, kami percaya bahwa kualitas adalah prasyarat, bukan tujuan akhir. Kualitas harus jadi pijakan dasar untuk membangun nilai-nilai lain.

Inter.zip

web Typface

Open Sans

H1 – 40px / Bold 700

Main Heading

H2 – 35px / Regular

Sub Heading

H3- 30px / Bold 700

Sub Heading

H4- 25px / Bold 700

Sub Heading

H5- 20px / Bold 700

Sub Heading

H6- 16px / Bold 700

Sub Heading

Paragraf – 16px / Regular

Di Translexi, kami percaya bahwa kualitas adalah prasyarat, bukan tujuan akhir. Kualitas harus jadi pijakan dasar untuk membangun nilai-nilai lain.

Open_Sans.zip
Font alternatif (turunan dari logo Translexi)

web Typface

PT Sans

H1 – 40px / Bold 700

Main Heading

H2 – 35px / Regular

Sub Heading

H3- 30px / Bold 700

Sub Heading

H4- 25px / Bold 700

Sub Heading

H5- 20px / Bold 700

Sub Heading

H6- 16px / Bold 700

Sub Heading

Paragraf – 16px / Regular

Di Translexi, kami percaya bahwa kualitas adalah prasyarat, bukan tujuan akhir. Kualitas harus jadi pijakan dasar untuk membangun nilai-nilai lain.

PT Sans.zip
Kompatibilitas

Di dalam sistem operasi yang tidak terinstall font Inter dan Open Sans, alternatifnya dapat menggunakan font bawaan sistem seperti: Helvetica, -apple-system, BlinkMacSystemFont, Roboto, Arial, sans-serif dan Segoe UI. Namun harus tetap menggunakan acuan proporsi yang sudah ditetapkan.

Windows

Mac/iOS/iPadOS

Android

Linux

Copywriting

Mempertahankan tata berbahasa sangatlah penting untuk Translexi yang bergerak di bidang alih bahasa. Prinsip tata bahasa berasal dari karakter, nilai, dan look and feel brand Translexi.

Tata berbahasa ini mempunyai empat kualitas dasar: elegan, bersahabat, pintar dan percaya diri.

Elegan

Translexi harus mempertahankan kelas dan sopan santun. Berbicara dengan sikap yang terpelajar, tidak memaksa orang untuk mendengarkan dan menggunakan bahasa yang bercerita untuk membangkitkan ketakjuban.

Bersahabat

Translexi harus mudah didekati orang. Mengambil hati dengan mempertahankan keakraban dan kegembiraan. Contoh: menggunakan kata ganti “kamu” dalam menulis blog, bukan “Anda”.

Pintar

Kepintaran dalam berkomunikasi menjadi kunci penting karena akan secara langsung mencerminkan mutu dari kualitas layanan Translexi.

Percaya Diri

Kepercayaan diri yang dilandasi pengetahuan mumpuni adalah salah satu elemen utama dalam berkomunikasi untuk meningkatkan kesan otoritatif di bidang alih bahasa Translexi.

Media Sosial

Instagram

Feed Post

Pada feed Instagram, elemen gambar, pattern atau thematic dapat digunakan, tetapi tidak disarankan untuk menggunakan supergraphic karena feed akan muncul pada home dan halaman solusiterjemahan, di mana logo sudah menjadi aksentuasi. Di versi pattern, ukuran font untuk headline bisa jauh lebih besar dibanding headline pada versi image.

Hubungi kami

×